Translate This Articel To Your Language

Selasa, 15 Mei 2018

CARA KERJA SETRUM IKAN TIPE PS SEMI


CARA KERJA SETRUM IKAN TIPE PS SEMI
Assalamualaikum
Setrum ps murni tidak jauh berbeda dangan tipe setrum ikan platina yang lainnya. Sama sama menggunakan platina, kondesor, kern dari besi serta komponen yang lainnya juga sama. Lantas apa yang membuatnya berbeda ??? Baiklah,, jika sobat penasaran maka akan kita bahas lebih lanjut. Langsung ke TKP..

SPESIFIKASI ATAU RACIKAN YANG DIGUNAKAN
-          Primer                                  : 0,9mm 4 Lapis maksimal
-          Sekunder                            : 0,7mm 9 lapis idealnya
-          Kondesor                            : 8 biji minimal
-          Platina                                  : Platina Kijang
-          Aki                                          : 1 biji 10 Amper
-          Kawat Stik                           : Kuningan atau steinless steel
-          Kabel Secukupnya           : 5 meter untuk kedua stik dan 2 meter untuk merangkai
                                                          komponennya
-          Lakban Kertas                    : 1 Biji yang besar
-          Tinol atau Timah Untuk Merangkai Semua Komponen secukupnya

PEMBAHASAN


  • 1.       PRIMER


Pada Setrum Ikan Jenis atau TIPE PS alias TIPE PRIMER SEKUNDER ini, bagian primer sangatlah dominan perannya. Maka dari itu, penggunaan ukuran kawat sangatlah menentukan hasil dari setrum ikan yang akan kita buat. Umumnya bagian primer pada tipe ini menggunakan kawat email paling kecil 0,9mm dan maksimal tidak terhingga alias sesuai keinginan kita.


  • 2.       SEKUNDER


Dapat kita pahami bersama, bagian sekunder dari setrum ikan tipe ps ini tidak hanya sebagai pelipat atau yang menggandakan voltase output. Namun juga sebagai penghantar atau medium yang juga akan dialiri oleh Amper dan Volt hasil dari induksi bagian primer. Kita umpamakan dahulu bagian primer adalah sebagai sumber airnya dan bagian sekunder sebagai pipa atau jalan keluar airnya. Dari Perumpamaan tersebut dapat kita simpulkan, Semakin Besar Ukuran Primer, maka akan semakin besar pula amper yang akan dihasilkan dan semakin besar ukuran Sekunder maka semakin besar atau cepat pula arus yang akan melawati lilitan sekunder. Dan jika bagian Sekunder semakin panjang, maka arus yang melewati sekunder juga akan semakin kecil. Ibaratkan Sebuat air yang dialirkan melalui paralon, maka semakin panjang paralon air yang mengalir pasti akan semakin kecil atau tekanan airnya mengecil. Nah, dari situ bisa langsung kita simpukan kan ?


  • 3.       KONDESOR


Saya rasa sudah pada tahu apa kegunaan kondesor ataupun kapasitor melalui postingan saya sebelumnya. Idealnya gunakan kondesor minimal 8 biji untuk satu aki dan minimal 15 biji untuk aki dua. Ukurannya Berfariasi, mulai dari 0,22 uf sampai 1,5 uf.
NB. Semakin kecil ukuran UF atau micro farad suatu kondesor maka akan semakin baik kinerjanya


  • 4.       LAKBAN KERTAS


Lakban kertas disini akan kita gunakan sebagai pelapis antar lapisan koil. Gunakan sekita dua lapis lakban untuk tiap-tiap lapis. Kenapa kok pakai lakban ya mas, kan kawat yang dipakai masih baru n kualitas bagus ? Hmmmmmmmmz,… iya bagiku penggunaan lakban adalah menu wajib, selain sebagai pelapis agar kawat yang dililit antar lapisan bisa rapi, ternyata lakban juga bisa sebagai peminimalisir terjadinya short antar lapisan. Lakban juga bisa kita ganti dengan kertas semen, Malahan kualitasnya lebih bagus daripada lakban. Namun karena daerah sini semennya tidak ada yang menggunakan kertas lagi alias sudah dibackup oleh bahan plastik, dari itulah saya merekomendasikan lakban sebagai penggantinya.


  • 5.       STIK


Stik sendiri dalam setrum ikan berfungsi sebagai media yang menghantarkan Arus Listrik yang dihasilkan oleh KOIL. Apakah sobat bertanya kenapa STIK juga masuk kedalam pembahasan kali ini ? Baiklah. Seperti yang telah kita tahu bahwa, media yang paling bagus dialiri oleh listrik atau yang sering kita sebut bahan konduktor adalah Emas, Kuningan, Tembaga, Timah, Steinless steel dan masih banyak yang lainnya. Dari daftar diatas bahan konduktor yang paling bagus adalah Emas, WHAT……….? Emas,… sepertinya nggak mungkin kita akan menggunakan emas. Hehehehe
Aku becanda kawaaaaaaan :p :p

Dapat kita fahami, jika semakin baik dan bagus bahan penghantar Listrik maka akan semakin maksimal juga Listrik yang akan dihantarkan ke beban.
Maka dari itu, kita gunakan Kuningan atau steinless steel sebagai penggantinya dan pastinya lebih murah meriah. Saya pernah menggunakan besi yang biasa dipakai untuk cor bangunan, namun hasil kurang maksimal. Selain itu juga mudah karatan n berjamur dibagian sambunganannya.

Langsung Kita rangkai saja kawan, INGET…..!!!!!!! Wajib Rapat, Kencang n rapi biar hasil juga memuaskan. Apakah sampean bertanya, dengan ukuran kawat yang besar sulit mas jika ingin rapih n rapat serta kencang. Ya ITU ENAKNYA saya kan hanya bilang “USAHAKAN MAS “?????! HEHEHE

JIKA ADA YANG BELUM FAHAM SILAHKAN TONTON VIDIONYA DIBAWAH INI SOBAT.



Sekian dulu ya dari saya, Jika ada kata-kata yang tak berkenan mohon dimaafkan .
Untuk para master, Mohon sudi kiranya untuk Mengkoreksi Artikel diatas. Karena saya juga manusia yang juga masih awam.
Ya sudah ya, sudah panjang n lebar banget saya ngoceh-ngoceh melalui blog ini. Semoga Bermanfaat n silahkan dishare ke teman-teman jika diras perlu. Salam Sukses Selalu dari saya, Syahripati7Channel

Wassalam. Wr. Wb

BACA JUGA SETRUM IKAN TIPE SPS

4 comments:

  1. Masbro ..
    Bagi wa nya dong..
    Mau tanya2 nih..
    Invite wa yaa..
    0822 8252 0711.

    BalasHapus
  2. Mas mau tanya klaka kerennya 14 pnjngpanja gimana ya bagus ngk hasilnya

    BalasHapus
  3. Bang saya pake kawat ukuran 0,6 sama 0,9 bagus gak bang 🙏

    BalasHapus